Jurnal Pendidikan
Vol 12 No 2 (2024): Jurnal Pendidikan

Penerapan Model Inquiry Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X di MA Integral Hidayatullah Kabupaten Sorong

Prabawati, Ratna (Unknown)
Mujahidah, Mahiroh (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jul 2024

Abstract

Seorang guru khususnya guru mata pelajaran biologi SMA Integral Hidayatullah Kabupaten Sorong dituntut untuk mampu menggunakan berbagai model atau strategi pembelajaran yang tepat agar membantu meningkatkan motivasi dan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi melalui penerapan model inquiry learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Desain penelitian yang akan digunakan pada penelitian ini adalah Desain Times Series. Instrument pengumpulan data dilakukan menggunakan tes berupa soal mata pelajaran biologi yang terdiri dari pilihan ganda dan essay. Hasil penelitian ini dinyatakan terdapat pengaruh ketika menggunakan model pembelajaran inquiry learning terhadap hasil belajar siswa, dengan nilai koefisien korelasi 0,99 > 0,0 5 dan nilai hasil belajar taraf signifikasi adalah 0,69 > 0,05. Hal ini menunjukan bahwa penerapan model inquiry learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi kelas X di MA Integral Hidayatullah Kabupaten Sorong dinyatakan berhasil. Dari hasil penelitian tersebut diharapkan guru biologi lebih berinovasi dalam proses pembelajaran, sehingga siswa lebih tertarik dalam belajar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurnalpendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan: Memuat tentang hasil penerbitan atau pemikiran bidang pendidikan yang dilakukan oleh peneliti, guru, dan praktisi ...