Jurnal Kalacakra
Vol 5, No 1 (2024): JANUARI

PERAN PEMERINTAH DALAM PENATAAN PEDAGANG KAKI LIMA DI PANTAI LAI LAI BISSI KOPAN KOTA KUPANG

Pullu, Dita Anita (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini merupakan salah satu kasus yang diambil di Pantai Lai Lai Bissi Kopan Kota Kupang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran pemerintah dalam penataan pedagang kaki lima di Pantai Lai Lai Bissi Kopan Kota Kupang. Jenis penelitian yan digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Informan berjumlah 23 orang. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu periode pengumpulan data, reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa; (1) Peran pemerintah sebagai perencana penataan telah dilakukan dengan baik namun hingga saat ini belum ada kebijakan untuk melakukan penatan terhadap pedagang; (2) peran pemerintah sebagai pelaksana penataan belum dilaksanakan dengan baik dikarenakan hingga saat ini belum ada instruksi atau perintah dari pihak pemerintah kepada dinas-dinas mana yang ditetapkan untuk bertanggung jawab dalam pelaksanaan penataan terhadap para pedagang kaki lima di kawasan pantai Lai Lai Bissi Kopan;(3)peran pemerintah sebagai pengawas penataan belum dapat dikatakan baik hal ini dikarenakan belum ada dinas yang ditugaskan sebagai penanggung jawab yang jelas sehingga pengawasan terhadap pedagang hanya dilakukan oleh pihak kelurahan setempat yang mengawasi kebersihan kawasan pantai Lai Lai Bissi Kopan.kata kunci: peran pemerintah, penataan pedagang kaki lima

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

kalacakra

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

We publish origin article research, review article, and case study Sosial Sciences and education. The scope of Journal Kalacakra are : Social Sciences; Culture; Citizenship; Character; Pancasila; Defending the Country; Education; (learning strategies, assessment, and evaluation of ...