Inverted
Vol 4, No 2: Juli 2024

Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Di SMK Negeri 1 Modayag Barat

mamonto, fara humaira (Unknown)
amali, lanto ningrayati (Unknown)
mulyanto, arip (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMK Negeri 1 Modayag Barat, ditemukan permasalahan bahwa kurangnya penggunaan metode dan variasi dalam media pembelajaran sehingga guru masih menggunakan e-modul dalam format PDF sebagai media pembelajaran, denga nisi modul yang disajikan sebagian besar dalam bentuk teks dan tidak interaktif , serta terbatasnya waktu untuk menyampaikan materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif pada materi perencanaan dan pengalamatan jaringan, mengukur kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan, melakukan uji kepraktisan dan keefektifan. Metode penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (RD) model ADDIE. Sebelum diimplementasikan kepada pengguna (siswa), media pembelajaran yang dikembangkan terlebih dahulu divalidasi oleh ahli media dan ahli materi. Dengan hasil penelitian menunjukkan : (1) validasi ahli media mendapatkan skor 93% ,(2) validasi ahli materi mendapatkan skor 94%. Setelah melalui serangkaian validasi ahli kemudian diimplementasikan ke pada pengguna. Hasil dari implementasi media pembelajaran interaktif di kelas XI TKJT SMK Negeri 1 Modayag Barat dengan uji kepraktisan mendapatkan presentase sebesat 88,6% dengan kategori sangat praktis. Hasil uji keefektifan yang sudah dikembangkan mempunyai keefektifan bersifat positif untuk diterapkan pada proses pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

inverted

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Engineering

Description

Inverted: Journal of Information Technology Education is published by Jurusan Teknik Informatika Universitas Negeri Gorontalo. This journal is published twice a year in January and July. This journal specifically focuses on Education Technology (Education, Multimedia, Gamification, Web, Mobile, ...