Inverted
Vol 4, No 2: Juli 2024

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMNET UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATERI DHCP SERVER

palada, sri widya (Unknown)
Mulyanto, Arip (Unknown)
Rohandi, Manda (Unknown)
Kadim, Ahmad Azhar (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

Pada saat proses pembelajaran administrasi sistem jaringan khususnya materi DHCP Server siswa kurang aktif dalam proses belajar mengajar, sebagian besar disebabkan  siswa kurang mengerti tentang materi sehingga membuat siswa takut untuk bertanya ataupun memberikan pendapat.Tujuan penelitian ini adalah menerapkan model pembelajaran team games tournament untuk meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran Administrasi Sistem Jaringan di kelas XI TKJ.B. Metode penelitian yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Penelitian ini di laksanakan di SMK Negeri 1 Suwawa dengan subjek penelitian kelas XI TKJ.B. Hasil penelitian meningkatnya keaktifan siswa dapat dilihat dari tiap siklus yang dilaksanakan, siklus 1 memperoleh presentase sebesar 53,7% dan siklus 2 memperoleh presentase sebesar 85,5%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Team Games tournament dapat meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran Administrasi Sistem Jaringan di SMK Negeri 1 Suwawa khususnya kelas XI TKJ.B.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

inverted

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Engineering

Description

Inverted: Journal of Information Technology Education is published by Jurusan Teknik Informatika Universitas Negeri Gorontalo. This journal is published twice a year in January and July. This journal specifically focuses on Education Technology (Education, Multimedia, Gamification, Web, Mobile, ...