Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan
Vol 12, No 1 (2024): April

Analisis Faktor Pertimbangan Mahasiswa dalam Pemilihan Program Studi Manajemen Undikma

Sami`un, Sami`un (Unknown)
Hanna, Fermatika Oktavia (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Apr 2024

Abstract

AbstrakPenelitian ini dilakukan di Universitas Pendidikan Mandalika Mataram. Populasi penelitian adalah Mahasiswa Baru UNDIKMA bidang akademik tahun 2022/2023 berjumlah1.062 orang, pengambilan sampel menggunakan Slovin berjumlah 295 orang. mahasiswa UNDIKMA pada Program Studi, S1 Manajemen. Teknik pengambilan sampel dengan random sampling atau acak. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil validitas uji faktor internal dan faktor eksternal hitung semuanya lebih besar dari tabel mean semua pernyataan itu valid. Hasil uji reliabilitas menunjukkan seluruh pernyataan baik internal maupun realibel eksternal karena crobach Alpha 0,780 dan 0,729 diatas 0,6. Itu Hasil menunjukkan bahwa Calon Mahasiswa UNDIKMA dari awal mayoritas bercita-cita menjadi lulusan ekonomi. Sebagian besar responden meyakini hal tersebut Lulusan UNDIKMA akan mendapatkan pekerjaan yang baik. Mayoritas responden merasa memiliki bakat di bidang ekonomi. Mayoritas masuk UNDIKMA karena UNDIKMA akreditasinya B dan dalam menentukan tempat perguruan tinggi mayoritas faktor lokasi yang dekat dengan kampus, selain itu biaya kuliah di UNDIKMA terjangkau. Saran perkuliahan di UNDIKMA yang dominan adalah nasehat orang tua dari teman. Calon Mahasiswa UNDIKMA mayoritas mendapat informasi dari brosur dan spanduk, menerima sangat sedikit informasi dari iklan surat kabar, radio, televisi, internet dan presentasi UNDIMA di sekolah.Kata Kunci : Keputusan, Motivasi, Pendidikan Tinggi

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

visionary

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Focus and Scope Jurnal Visionary merupakan jurnal penelitian dan pengembangan di bidang administrasi pendidikan, artikel yang dimuat dalam jurnal ini adalah hasil penelitian, hasil kajian pustaka, hasil pengembangan, dan hasil penelusuran IPTEK menggunakan metode ilmiah. Scope bidang keilmuan yaitu ...