Kemampuan berpikir kritis dan kreatif, analisis, pemecahan masalah, dan visualisasi termasuk kedalam klasifikasi kemampuan berpikir tingkat tinggi. Kemampuan berpikir kritis ini digunakan dalam suatu pemecaham masalah maupun proses pemahaman siswa. Dalam menunjang tigkat berpikir kritis diperlukan suatu inovasi model pembelajaran yang inovatif seperti Problem Based Learning. Problem Based Learning (PBL) merupakan suatu model pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar. Model ini terpusat kepada siswa dimana siswa akan dihadapkan dengan beberapa masalah berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Selain itu media pembelajaran juga dapat mendukung proses pembelajaran, salah satunya adalah media pembelajaran Magic Board. MTs Nurul Huda adalah sebuah yayasan pendidikan yang siswanya tergolong kedalam kategori kemampuan berpikir kritis yang rendah dimana dalam proses pembelajarannya masih menggunakan model pembelajaran student center sehingga siswa merasa perlu adanya hal baru. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Pada hasil pra siklus mendapatkan hasil sebesar 43,75 , siklus I sebesar 64,58, dan siklus II sebesar 89,58. Pada persentase peningkatannya pada pra siklus ke siklus I terdapat peningkatan sebesar 48%, sedangkan siklus I ke siklus II sebesar 39%, sedangkan pra siklus ke siklus II sebesar 105%. Penelitian ini mencapai target yang diharapkan yaitu sebesar 70% dan termasuk kedalam skala Likert kategori sangat baik
Copyrights © 2024