Jurnal Penelitian Tindakan Kelas
Vol. 1 No. 3 (2024): Jurnal Penelitian Tindakan Kelas (Januari)

Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Media Pembelajaran Magic Board untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis

Mukarima, Ulfa Sadina (Unknown)
Wawan, Wawan (Unknown)
Setiawan, Agus (Unknown)
Ningsih, Eka Fitria (Unknown)
Choirudin, Choirudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jan 2024

Abstract

Kemampuan berpikir kritis dan kreatif, analisis, pemecahan masalah, dan visualisasi termasuk kedalam klasifikasi kemampuan berpikir tingkat tinggi. Kemampuan berpikir kritis ini digunakan dalam suatu pemecaham masalah maupun proses pemahaman siswa. Dalam menunjang tigkat berpikir kritis diperlukan suatu inovasi model pembelajaran yang inovatif seperti Problem Based Learning. Problem Based Learning (PBL) merupakan suatu model pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar. Model ini terpusat kepada siswa dimana siswa akan dihadapkan dengan beberapa masalah berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Selain itu media pembelajaran juga dapat mendukung proses pembelajaran, salah satunya adalah media pembelajaran Magic Board. MTs Nurul Huda adalah sebuah yayasan pendidikan yang siswanya tergolong kedalam kategori kemampuan berpikir kritis yang rendah dimana dalam proses pembelajarannya masih menggunakan model pembelajaran student center sehingga siswa merasa perlu adanya hal baru. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Pada hasil pra siklus mendapatkan hasil sebesar 43,75 , siklus I sebesar 64,58, dan siklus II sebesar 89,58. Pada persentase peningkatannya pada pra siklus ke siklus I terdapat peningkatan sebesar 48%, sedangkan siklus I ke siklus II sebesar 39%, sedangkan pra siklus ke siklus II sebesar 105%. Penelitian ini mencapai target yang diharapkan yaitu sebesar 70% dan termasuk kedalam skala Likert kategori sangat baik

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

JPTK (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas) adalah jurnal peer-review yang diterbitkan empat kali setahun pada bulan MEI, SEPTEMBER, JANUARI. Jurnal tersebut berisi jurnal penelitian tindakan kelas pada jenjang PAUD, SD, SMP, SMA Jurnal ini memiliki akses terbuka yang artinya semua konten tersedia ...