Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Berdasarkan hasil observasi di taman kanak-kanak negeri pembina muara bungo, ditemukan permasalahan dalam kemampuan bahasa anak kelompok B3 yang masih rendah, untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti munggunakan model sentra bermain peran, yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B3 di taman kanak-kanak negeri pembina muara bungo, yang berjumlah 12 anak. Dalam penelitian ini meliputi 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan dan observasi, serta refleksi. Untuk pengumpulan datanya berupa lembar observasi, wawancara. Hasil penelitian yang diperoleh dari pra siklus terlihat persentase ketercapaian kemampuan bahasa anak pada pra siklus hanya sebesar 25%, lalu mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 41,66% menjadi 50% dan mengalami peningkatan lagi pada siklus II nya sebesar 75% menjadi 83,33% dari jumlah keseluruhan anak di kelompok B3 taman kanak- kanak negeri pembina bungo. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disimpulkan bahwa melalui model sentra yang dilakukan telah terbukti dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak kelompok B3 taman kanak-kanak negeri pembina muara bungo.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022