Latar belakang skripsi ini adalah rendahnya motorik halus anak dapat dilihat dari gerakan tangan anak belum stabil dan perlu koordinasi yang baik antara mata dan tangan. Selain itu, anak belum dapat mengoptimalkan seluruh jari jemarinya untuk melakukan kegiatan-kegiatan tersebut. Jari jemari anak masih terlihat kaku. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan perkembangan motorik halus anak melalui paper quilling pada anak kelompok B di Paud Khadijah Sungai Buluh Indah Kabupaten Bungo. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis and Taggart. Penelitian ini dilakukan selama II siklus setiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi yang bertujuan untuk memperoleh data hasil belajar anak. Berdasarkan hasil penelitian bahwa: (1) Persentase rata-rata perkembangan motorik halus anak mengalami peningkatan setelah anak melakukan pemanasan di awal kegiatan (2) Kondisi awal menunjukan perkembangan motorik halus anak sebesar 25,8%, meningkat pada Siklus I pertemuan 1 menjadi 44,8%, siklus 1 pertemuan ke 2 menjadi 64% dan pada Siklus II pertemuan 1 mencapai 76,6% pada siklus II Pertemuan 2 menjadi 86%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan hipotesis tindakan yang diajukan dapat diterima bahwa melalui bahwa melalui kegiatan Paper quilling dapat meningkatkan perkembangan motorik halus di kelompok B Paud Khadijah Sungai Buluh Indah.
Copyrights © 2023