Indonesian journal of teaching and learning
Vol. 3 No. 1 (2024)

Diskursus Pendidikan Keluarga Dalam Perspektif Al-Qur’an

Zufriyatun, Zufriyatun (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Feb 2024

Abstract

Keluarga adalah lembaga pendidikan pertama dan utama bagi setiap manusia. Pendidikan yang pertama kali diterima anak adalah berupa didikan orang tua kepada anaknya. Pendidikan keluarga dalam perspektif Al-Qur'an merupakan konsep penting yang menekankan karakter keluarga sebagai lembaga pendidikan dalam pembentukan individu. Al-Qur'an sebagai kitab suci yang memberikan panduan dan prinsip yang jelas mengenai peran keluarga dalam mendidik dan membentuk perkembangan individu serta mempraktikkan nilai-nilai agama, moral, etika. Penelitian yang digunakan ialah penelitian kualitatif melalui pengolahan data menggunakan metode deskriptif dengan cara mengumpulkan dan mengkaji sumber-sumber data atau literatur untuk mencari data yang valid agar menghasilkan pembahasan dan analisis yang sistematis. Pengumpulan data dilaksanakan dengan cara studi kepustakaan (library research) melalui kajian buku atau jurnal ilmiah yang berkaitan dengan pendidikan keluarga berdasarkan perspektif Al-Qur’an. Adapun, pendidikan keluarga dalam perspektif Al-Qur'an Pendidikan keluarga dalam perspektif Al-Qur’an berisi perintah dari Allah supaya melindungi diri dan keluarga dari api neraka dengan cara mendirikan shalat dan bersabar dalam melaksanakannya serta menjalankan perintah dan menjauhi larangan yang telah ditetapkan-Nya

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

intel

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Indonesian Journal of Teaching and Learning (INTEL) is a national journal in the fields of: 1. Education 2. Teaching and learning 3. Evaluation 4. Management in formal/non-formal ...