Indonesian journal of teaching and learning
Vol. 3 No. 2 (2024)

Analisis Kualitas dan Tingkat Kognitif Soal Penilaian Sumatif Akhir Semester Genap Kelas IX SMP Negeri 02 Kota Bengkulu Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi

Septa Suherti (Unknown)
Agus Susanta (Unknown)
Susanto, Edi (Unknown)
Pratiwi Disha Stanggo (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas dan tingkat kognitif soal Penilaian Sumatif Akhir Semester (PSAS) genap kelas IX SMP Negeri 02 Kota Bengkulu tahun ajaran 2022/2023 berdasarkan Taksonomi Bloom revisi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh lembar jawaban penilaian sumatif matematika peserta didik kelas IX B SMP Negeri 02 Kota Bengkulu tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 31 peserta didik dengan setiap lembar jawaban terdiri dari 40 butir soal. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ditinjau dari kualitas soal yaitu a) Validitas terdapat 20 butir soal (53%) yang dinyatakan valid dan 18 butir soal (47%) yang dinyatakan tidak valid; b) Reliabilitas, soal PSAS memiliki reliabilitas yang tinggi yaitu sebesar 0,777; c) Tingkat kesukaran memiliki 6 butir soal (16%) dikategorikan sukar, 25 butir soal (66%) dikategorikan sedang dan 7 butir soal (18%) dikategorikan mudah; d) Daya pembeda terdapat 7 soal (18%)  sangat jelek, 6 soal (16%)  jelek, 11 soal (29%)  cukup, 13 soal (34%) baik, dan 1 soal (3%) sangat baik. (2) Ditinjau dari tingkat kognitif soal berdasarkan Taksonomi Bloom revisi kategori tingkat kognitif mengingat (C1) sebesar 17,5% (7 soal), memahami (C2) sebesar 20% (8 soal), mengaplikasikan (C3) sebesar 52,5% (21 soal), menganalisis (C4) sebesar 10% (4 soal) dan tidak ada soal (0%) pada tingkat kognitif mengevaluasi (C5) dan mencipta (C6).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

intel

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Indonesian Journal of Teaching and Learning (INTEL) is a national journal in the fields of: 1. Education 2. Teaching and learning 3. Evaluation 4. Management in formal/non-formal ...