Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan temuan penelitian sebelumnya terhadap pemanfaatan GeoGebra sebagai media pembelajaran matematika terhadap minat belajar siswa dalam rentang waktu 2020-2024. Metode penelitian ini menggunakan systematic literature review (SLR). Data penelitian ditemukan dengan menggunakan protokol PRISMA. Variabel moderator dalam penelitian ini meliputi tahun terbit, tingkat pendidikan, metode penelitian, dan ukuran sampel. Data tersaji secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Persebaran studi pemanfaatan GeoGebra sebagai media pembelajaran matematika terhadap peningkatan minat belajar siswa paling banyak tahun 2023; 2) Pemanfaatan GeoGebra banyak digunakan pada siswa tingkat sekolah menengah pertama; 3) Penelitian terkait pemanfaatan GeoGebra terhadap peningkatan minat belajar didominasi oleh penelitian kualitatif; dan 4) Ukuran sampel yang sering digunakan dalam penelitian memiliki frekuensi di bawah 30 sampel. Penelitian selanjutnya peneliti dan pendidik dapat lebih meneliti pada aspek tingkat pendidikan sekolah dasar dan perguruan tinggi. Pada aspek metode penelitian disarankan untuk meninjau kembali penggunaan mix method
Copyrights © 2023