MODELING: Jurnal Program Studi PGMI
Vol 11 No 1 (2024): Maret

Penguatan Pendidikan Karakter melalui Full Day School

Lubis, Suaidah (Unknown)
Nurhasanah, Nurhasanah (Unknown)
Sari, Indah Puspita (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2024

Abstract

Pendidikan karakter merupakan hal yang sangat urgen bagi siswa sebagai modal dalam melakukan berbagai aktivitas kehidupan di sekolah dan di lingkungan masyarakat. Tujuan artikel ini adalah untuk memberikan gambaran tentang program full day school di SDIT Amanah Langkat, dalam upaya penguatan karakter siswanya. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penerapan Penguatan Pendidikan Karakter melalui Full Day School di SDIT Amanah Langkat dilakukan dengan menggunakan teori behaaviour. Adapun kegiatan pembelajaran Full Day School di SDIT Amanah Langkat meliputi muraja’ah (tahfidz), shalat dhuha, shalat zuhur, shalat ashar, sedekah, infaq, dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Proses pembentukan karakter juga dilaksanakan melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka, renang, dan panahan. Nilai karakter siswa yang menonjol di SDIT Amanah Langkat yaitu karakter religius, mandiri, dan kedisiplinan.

Copyrights © 2024