MODELING: Jurnal Program Studi PGMI
Vol 11 No 1 (2024): Maret

Penerapan Metode Make A Match pada Pelajaran Fikih Materi Menyebutkan Rukun Islam dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas 1A MI Babatan Jati Sidoarjo

Ulfah, Maria (Unknown)
Nisak, Nur Maslikhatun (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penggunaan metode Make a Match dalam proses pembelajaran fikih. Khususnya dalam menyajikan materi mengenai rukun Islam, dengan tujuan meningkatkan prestasi belajar siswa kelas 1A di MI Babatan Jati Sidoarjo. Metode Make a Match diterapkan sebagai alat bantu untuk membantu siswa dalam mengingat dan memahami materi dengan menggabungkan konsep- konsep yang saling terkait. Berdasarkan hasil observasi, terlihat bahwa banyak siswa belum mencapai KKM yang telah ditetapkan, yaitu sebesar 75. Oleh karena itu, penerapan metode Make a Match pada pelajaran fikih, khususnya materi mengenai rukun Islam, dianggap sebagai solusi untuk meningkatkan hasil belajar di kelas 1A MI Babatan Jati Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan PTK /Penelitian Tindakan Kelas. (Action research) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus melibatkan empat tahap kegiatan, yaitu 1) perencanakan tindakan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi, 4) refleksi Hasil siklus1 menunjukkan bahwa nilai rata- rata hasil belajar siswa mencapai 80.6%, dengan 9 siswa yang belum mencapai ketuntasan. Pada siklus II, terjadi peningkatan signifikan dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa mencapai 88,2 % dan seluruh siswa kelas 1A MI Babatan Jati Sidoarjo berhasil mencapai atau melebihi nilai KKM (≥75). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui uji pre-tes dan post-tes, serta observasi terhadap proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode Make a Match dalam pembelajaran fikih efektif meningkatkan hasil belajar siswa, kelas 1A MI Babatan Jati Sidoarjo. Kesimpulan-nya, metode Make a Match, dapat dianggap sebagai metode yang layak diterapkan dalam pembelajaran fikih, ditingkat pendidikan dasar untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran

Copyrights © 2024