MODELING: Jurnal Program Studi PGMI
Vol 11 No 1 (2024): Maret

Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran PKN di SD 060863 Medan Timur

Fitriani, Fitriani (Unknown)
Wanda, Karina (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini telah dilaksanakan pada tanggal 11 September s/d 7 Oktober 2023 di SD 060863 Medan Timur pada siswa kelas 5 B yang berjumlah 25 siswa dengan jumlah 12 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Proses pengambilan data dilaksanakan dengan melakukan penerapan model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran PKn. Sebelum dan sesudah pelaksanaan tindakan dilakukan wawancara terhadap guru sebagai instrumen pendukung menguatkan instrument tes (instrumen utama). Dalam meeningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di sekolah dasar kita harus menyesuaikan strategi model pembelajaran dengan kemampuan peserta didik dan mengaplikasikannya didalam kehidupan sehari-hari disekolah dasar. Problem Bassed Learning merupakan salah Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan model problem based learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas 5 pada mata pelajaran PKn SD 060863 Tahun Ajaran 2023/2024. Peningkatan kemampuan berpikir kritis pada siswa ditandai dengan meningkatnya rata-rata hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa yaitu dari Siklus I ke Siklus II sebesar 51,61 % menjadi 70,97 %.

Copyrights © 2024