MODELING: Jurnal Program Studi PGMI
Vol 11 No 2 (2024): Juni

Bimbingan Klasikal Menggunakan Teknik Symbolic Modelling untuk Mengembangkan Sikap Mau Belajar pada Siswa Sekolah Dasar

Fauzi, Irfan (Unknown)
Yustiana, Yusi Riksa (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berbagai fenomena makna yang muncul terkait sikap mau belajar pada siswa sekolah dasar yang mendapatkan layanan bimbingan klasikal menggunakan teknik symbolic modelling (menayangkan film animasi burung PIPER jangan takut mencoba). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi. Subjek pada penelitian ini adalah 25 siswa kelas 5 sekolah dasar di Bandung. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi pengamatan dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan melihat berbagai makna dalam konteks pemberian layanan bimbingan klasikal menggunakan teknik symbolic modelling dan melihat berbagai dokumentasi yang relevan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) tokoh yang menjadi model perilaku siswa yang digambarkan memiliki sikap mau belajar yang tinggi adalah influencer, tokoh nasional, atau tokoh ilmuwan, 2) siswa menyadari bahwa sikap mau belajar ini sangat penting dimiliki oleh setiap individu karena berdampak terhadap prestasi akademik, pengembangan potensi diri, dan persiapan untuk masa depan, dan 3) siswa mampu mengidentifikasi berbagai sikap mau belajar seperti tidak mudah menyerah, berani, belajar dari kesalahan atau belajar dari orang lain, mandiri, kerja keras, dan sungguh-sungguh. Penelitian ini dapat memberikan kontribusi dalam pendidikan terutama dalam mengembangkan sikap mau belajar pada siswa sekolah dasar dengan menggunakan layanan bimbingan klasikal dengan teknik symbolic modelling.

Copyrights © 2024