CERMIN: Jurnal Penelitian
Vol 8 No 1 (2024): JANUARI - JULI

PERBEDAAN KEMAMPUAN PENYELESAIAN MASALAH BELAJAR SISWA ANTARA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES DENGAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS 5 SD MUHAMMADIYAH 1 PANJI 2023/2024

Setiawan, Gustilas Ade (Unknown)
Nisha, Khoirun (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan penyelesaian masalah belajar siswa antara menggunakan model pembelajaran examples non examples dengan model pembelajaran student teams achievement division pada mata pelajaran IPA kelas 5 SD Muhammadiyah 1 Panji tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi experimental. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5 di SD Muhammadiyah 1 Panji yaitu kelas 5 Shofa berjumlah 31 orang sebagai kelas kontrol dan kelas 5 Marwah berjumlah 31 orang sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes yang berupa tes tulis. Uji validitas instrumen menggunakan rumus korelasi poin biserial dan reliabilitas instrumen dengan rumus KR-20. Uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas data dengan uji lilliefors dan uji homogenitas menggunakan uji fisher dan analisis data menggunakan rumus uji-t separated varians. Dari hasil analisis data diperoleh hasil t hitung > t tabel (dengan taraf signifikasi 0,05 dan n = 60) yaitu 2,97 > 1,67, maka dari perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat perbedaan kemampuan masalah belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran examples non examples dan student teams achievement division kelas 5 SD Muhammadiyah 1 Panji tahun pelajaran 2023/2024.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cermin_unars

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Fokus dalam Jurnal Cermin mencakup studi secara umum dari berbagai bidang ilmu. Ruang Lingkup artikel pada Jurnal Cermin terkait Ekonomi, Sosial dan Politik, Sastra, Bahasa, Pendidikan, Pertanian, Hukum, dan Teknik. Penulis diijinkan dari segala kalangan mahasiswa, dosen, pendidik, dan peneliti ...