CERMIN: Jurnal Penelitian
Vol 8 No 1 (2024): JANUARI - JULI

Implementasi Pendidikan Karakter di SDN 3 Kendit

Puspitaningtyas, Amalia Risqi (Unknown)
Fasica, Nani Farah (Unknown)
Nisa, Mela Ainun (Unknown)
Kholilah, Nurul (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2024

Abstract

Perkembangan dan karakteristik pada anak SD berbeda-beda, antara peserta didik yang satu dengan peserta didik yang lainnya. Karakteristik siswa mencakup beberapa hal penting, diantaranya minat, sikap, motivasi belajar, gaya belajar, dan kemampuan berpikir. Kemampuan berpikir yang baik dapat membantu siswa dalam memecahkan masalah, mengambil keputusan dan mengembangkan keterampilan berpikir kritis. Tujuan penelitian ini untuk menganalisa implementasi Pendidikan karakter di SDN 3 Kendit. Metode penelitian ini yaitu kualitatif, subjek penelitian ini adalah siswa SDN 3 kendit. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Implementasi pendidikan karakter di SDN 3 kendit yaitu model keteladan. Selain itu dari 18 karakter nasional juga telah tersubstansi di dalam pendidikan karakter di sekolah ini diantaranya religious, jujur, displin, tanggung jawab, kerja keras, mandiri dan rasa hormat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cermin_unars

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Fokus dalam Jurnal Cermin mencakup studi secara umum dari berbagai bidang ilmu. Ruang Lingkup artikel pada Jurnal Cermin terkait Ekonomi, Sosial dan Politik, Sastra, Bahasa, Pendidikan, Pertanian, Hukum, dan Teknik. Penulis diijinkan dari segala kalangan mahasiswa, dosen, pendidik, dan peneliti ...