Pandemi COVID sembilan belas yang menyerang dunia pada tahun dua ribu dua puluh membawa dampak yang sangat besar di berbagai sektor kehidupan. Dunia pendidikan merupakan salah satu sektor utama yang terdampak secara drastis oleh pandemi COVID sembilan belas di seluruh dunia. Kebijakan negara terkait bidang pendidikan pada masa pandemi adalah dengan meniadakan pembelajaran tatap muka. Pandemi COVID sembilan belasĀ telah mengubah pembelajaran yang diselenggarakan di kampus secara revolusioner Dalam waktu cepat sekolah terutama perguruan tinggi dipaksa untuk melaksanakan pembelajaran daring. Pertanyaan mengenai apakah setelah pandemi ini berakhir, model pembelajaran di perguruan tinggi akan kembali ke masa sebelum pandemi atau tetap menggunakan model pembelajaran sewaktu masa pandemi atau apakah memungkinkan bentuk pembelajaran yang merupakan kolaborasi dari masa sebelum pandemi dan saat masa pandemik, menjadi dasar kajian ini. Kajian ini dilakukan untuk menganalisis kembali tantangan pembelajaran yang dihadapi pada pendidikan tinggi selama masa COVID sembilan belas dan mengkaji model pembelajaran alternatif yang bisa dilakukan pasca pandemi COVID sembilan belas khususnya pada pendidikan tinggi. Dalam studi ini disampaikan latar belakang perubahan yang terjadi selama pandemi COVID sembilan belas , dan perubahan model pembelajaran di pendidikan tinggi. Kemudian, model pembelajaran masa pandemi dan pasca pandemi akan ditinjau. Selanjutnya, beberapa model pembelajaran masa pandemi akan diuraikan. Akhirnya, model pendidikan tinggi pasca pandemi akan digambarkan.
Copyrights © 2024