Journal of Education Research
Vol. 4 No. 4 (2023)

Peran Filsafat Dalam Mewujudkan Peserta Didik yang Berprofil Pelajar Pancasila

Nurhayati (Unknown)
Leny Hartati (Unknown)
Henny Suharyati (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Profil lulusan pada kurikulum merdeka saat ini adalah profil pelajar pancasila. Karakter profil pelajar Pancasila adalah karakter siswa yang diharapkan berkembang setelah pembelajaran dilakukan. Ada enam karakter yang termasuk dalam karakter profil pelajar Pancasila yaitu Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, Berkebhinekaan global, gotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif. Pada saat ini banyaknya kasus terjadi didunia pendidikan, mulai dari tingkat bullying yang meningkat, kasus intoleransi, kasus tidak peduli lingkungan, dan masih banyak kasus-kasus lain. Pemerintah saat ini menggalakan dengan banyaknya kasus tersebut apakah filsafat berperan untuk mewujudkan peserta didik berprofil Pancasila. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literature jurnal, khususnya yang diterbitkan dalam sepuluh tahun terakhir. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa filsafat dapat memberikan pemahaman yang mendalam tentang Pancasila, mengembangkan kemampuan berpikir kritis, memecahkan masalah, dan mengembangkan sikap toleransi dan menghargai perbedaan. Dengan peran filsafat ini, diharapkan peserta didik akan menjadi generasi yang berkarakter Pancasila, yaitu menjadi pribadi yang berilmu, berakhlak mulia, dan cinta tanah air, generasi yang memiliki nilai-nilai Pancasila dalam diri mereka.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences

Description

Journal of Education Research is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of education. This Journal is published for time per year at March, June, September and December by Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD ...