Guru jarang menggunakan model pembelajaran nyata berupa alam sekitar sebagai model yang digunakannya saat mengajar di sekolah dasar. Riset bertujuan untuk mengukur berapa besar pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan alam dan sosial. Metode riset yang diadopsi kuasi eksperimen. Riset ini termasuk jenis riset kuantitatif. Jumlah populasi dua ratus tiga pulu siswa. Sampel berjumlah empat puluh dua siswa kelas empat sekolah dasar. Model pembelajaran inkuiri berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan alam dan sosial siswa di sekolah dasar negeri tiga belas Segati. Model pembelajaran inkuiri harus lebih sering diimplementasikan oleh guru-guru pada jenjang sekolah dasar dikarenakan melalui model pembelajaran inkuiri siswa-siswa akan lebih tertantang dalam pembelajaran, baik itu materi yang berkaitan dengan alam dan lingkungan sosial dimana siswa tersebut berada. Model pembelajaran inkuiri dengan media alam secara langsung akan berimplikasi juga terhadap capaian sosial siswa.
Copyrights © 2024