Journal of Education Research
Vol. 5 No. 1 (2024)

Implementasi Model Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, Dan Menyenangkan (Pakem) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Mewujudkan Sekolah Unggulan Di Sdn Siwungkuk 01 Brebes

Triningsih, Triningsih (Unknown)
Purwanto, Burhan Eko Purwanto (Unknown)
Mulyono, Tri (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran secara mendalam tentang implementasi, faktor pendukung dan penghambat serta upaya yang sudah dilakukan guru dalam pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan atau PAKEM pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam untuk mewujudkan sekolah unggulan di SDN Siwungkuk satu Brebes. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif, yaitu suatu metode penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah. dimana peneliti adalah sebagai instrument kunci. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan cara trianggulasi atau gabungan. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara, dokumentasi. analisis data melalui reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi.Hasil penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran PAKEM di SD Negeri Siwungkuk satu Brebes dilaksanakan dengan penggunaan metode pengajaran yang bervariatif dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Metode tersebut lebih mengedepankan keaktifan dan kerjasama dalam kelompok yang sangat memperhitungkan proses dan hasil, sehingga aspek kognitif, afektif serta psikomotorik siswa dapat berkembang secara terpadu, minat belajar siswa semakin meningkat dan juga meningkatkan kreativitas guru. Salah satu metode yang digunakan adalah metode diskusi kelompok kecil atau Small Group Discussion. Melalui metode ini masing-masing kelompok seorang siswa dapat dengan bebas menyalurkan pemikiran mereka. Walaupun begitu masih terdapat beberapa hal yang menyebabkan pelaksanaannya berjalan kurang maksimal. Salah satunya kurangnya media pembelajaran Selain faktor media, keterbatasan waktu serta motivasi siswa tentunya menjadi kendala bagi setiap guru dalam semua proses pembelajaran. Upaya yang dilakukan guru, dalam implementasi model pembelajaran PAKEMĀ  mencakup perencanaan pelaksanaan dan evaluasinya. Dengan demikian Implementasi model pembelajaran model PAKEM pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri Siwungkuk satu Brebes sudah diterapkan dengan baik

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences

Description

Journal of Education Research is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of education. This Journal is published for time per year at March, June, September and December by Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD ...