Journal of Education Research
Vol. 5 No. 2 (2024)

Alih Kode Campur Kode dalam Interaksi Pembelajaran Bimbel AHE Raja Edukasi Kedunglengkong

Anggrestia, Nada Vanca (Unknown)
Jayanti, Rani (Unknown)
Wahyuningsih, Ragil Sri (Unknown)
Zahro, Fatimatus (Unknown)
Rosadha, Sefira Amelia (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2024

Abstract

 Alih kode dan campur kode sering digunakan dalam interaksi pembelajaran yang bertujuan untuk memudahkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta memahami tentang bentuk-bentuk dari alih kode dan campur kode pada interaksi pembelajaran di Bimbel AHE Raja Edukasi Kedunglengkong. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif deskriptif guna mendekripsikan penggunaaan alih kode dan campur kode dalam interaksi pembelajaran di Bimbel AHE Raja Edukasi Kedunglengkong. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni terdapat empat teknik, antara lain teknik survey, rekam, simak, dan catat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat bentuk alih kode dan campur kode dalam interaksi pembelajaran di Bimbel AHE Raja Edukasi Kedunglengkong. Adapun bentuk-bentuk alih kode tersebut yakni pada aktivitas belajar mengajar tutor menggunakan bahasa Jawa maupun bahasa Inggris kepada siswanya, begitupun sebaliknya. Sedangkan bentuk campur kode tersebut dapat ditunjukkan melalui penggunaan antara bahasa Jawa dan bahasa Indonesia maupun bahasa Indonesia dengan bahasa Inggris, baik itu pada penyisipan kata ataupun frasa. Adanya pemakaian alih kode dan campur kode tersebut sebagai bentuk pelestarian terhadap bahasa lokal atau bahasa daerah, menghormati lawan bicara, memperkenalkan bahasa asing, dan juga dapat membantu siswa agar lebih mudah memahami materi yang telah disampaikan oleh tutor.  

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences

Description

Journal of Education Research is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of education. This Journal is published for time per year at March, June, September and December by Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD ...