Dalam membangun sebuah peradaban bangsa yang kokoh, diperlukan upaya penguatan jati diri bangsa secara terus menerus yang dilakukan dengan beragam inovasi dalam ruang pendidikan dan pembelajaran yang menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Tujuan penelitian ini membahas mengenai upaya pendidikan budaya melalui implementasi media pembelajaran konten digital berbasis cerita rakyat untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa yang menjadi peserta didik kelas tulis di sebuah Madrasah Aliyah. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan sumber data berupa jawaban atau respon dari pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh peneliti, hasil pekerjaan peserta didik selama mengikuti pembelajaran serta mengamati proses berlangsungnya pembelajaran yang mengimplementasikan media pembelajaran konten digital berbasis cerita rakyat untuk meningkatkan keterampilan membaca dalam literasi budaya. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi pastisipatif, yakni dengan wawancara, dokumentasi hasil pekerjaan peserta didik serta proses pembelajaran. Hasil dari penelitian ini menujukkan bahwa konten digital berbasis cerita rakyat dapat meningkatkan keterampilan menulis dalam literasi budaya, hal tersebut terlihat dari topik yang ditulis siswa menjadi semakin berkembang dengan adanya cerita rakyat yang dihadirkan sebagai media pembelajaran dalam rangka pembudayaan.
Copyrights © 2024