Journal of Education Research
Vol. 5 No. 3 (2024)

Peran Kepala Sekolah dalam Optimalisasi Paguyuban Kelas pada Implementasi Kurikulum Merdeka

Supardi, Supardi (Unknown)
Hariyati, Nunuk (Unknown)
Rahmasari, Diana (Unknown)
Khamidi, Amrozi (Unknown)
Riyanto, Yatim (Unknown)
Rifqi, Ainur (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi peran kepala sekolah dalam mengoptimalkan partisipasi paguyuban kelas dalam implementasi Kurikulum Merdeka di SMPN satu Magetan. Berdasarkan pendekatan kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasilnya menunjukkan bahwa kepala sekolah memainkan peran krusial sebagai pemimpin dengan visi yang jelas terkait kurikulum merdeka. Kerja sama erat antara kepala sekolah dan paguyuban kelas tercermin dalam komunikasi terbuka dan koordinasi efektif dalam mengintegrasikan kebijakan pendidikan. Implementasi kurikulum merdeka menghasilkan pengembangan inovasi dan program pendukung yang relevan serta menciptakan lingkungan pembelajaran inklusif dan berorientasi pada hasil. Kesimpulannya, kepala sekolah yang efektif mampu memotivasi komunitas sekolah, mengarahkan strategi pendidikan yang sesuai, dan memperkuat keterlibatan orang tua. Dengan kepemimpinan yang efektif dan kerja sama yang erat, sekolah dapat mencapai tujuan pendidikan yang lebih baik dalam konteks implementasi kurikulum merdeka.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences

Description

Journal of Education Research is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of education. This Journal is published for time per year at March, June, September and December by Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD ...