Sebagai bagian integral dari sistem pendidikan, pendidik profesional menjadi kebutuhan esensial di institusi pendidikan. Guru, memiliki peran kunci dalam proses pembelajaran, baik itu dalam konteks pendidikan formal maupun nonformal. Oleh karena itu, guru diharapkan terus meningkatkan kualitas kerjanya agar mencapai tujuan pembelajaran yang lebih baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kuantitatif dengan jenis eksplanatif untuk menjelaskan pengaruh budaya sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru SMP di Kabupaten Magetan. Di dalam penelitian ini peneliti menggunakan dua jenis variabel, yaitu variabel independen berupa budaya sekolah dan motivasi kerja. Variabel dependennya adalah kinerja guru. Populasi dalam penelitian ini adalah Guru SMP di Kabupaten Magetan sebanyak 39 SMP Negeri dengan jumlah guru seribu enam orang. Dalam penelitian ini, sampel terdiri dari Guru SMPN Kabupaten Magetan. Penelitian ini menggunakan dua jenis teknik pengambilan sampel, yaitu probability sampling dan non-probability sampling. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner atau angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil uji regresi linier berganda yang dilakukan ada pengaruh antara budaya sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru.
Copyrights © 2024