Pendidikan berperan penting dalam meningkatkan potensi di semua jenjang, sehingga pendidikan berkualitas dapat menghasilkan input dan output yang sesuai dengan perkembangan, banyak hal yang mempengaruhi kulaitas belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui terkait kedisiplinan, motivasi, dan dukungan keluarga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini empat SMPN di Kabupaten Magetan, sampel dalam penelitian ini siswa SMP Negeri kelas VIII. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan pengambilan sampel yang dilakukan berdasarkan pertimbangan khusus untuk dijadikan sampel dengan seratus lima belas siswa. Instrumen penelitian berupa angket. Teknik analisis data dengan uji deskriptif data, uji normalitas, dan uji regresi berganda. Hasil penelitian berdasarkan perhitungan hasil penelitian tentang kedisiplinan, motivasi dan dukungan keluarga terhadap hasil belajar dengan program SPPS menjelaskan bahwa kedisiplinan, motivasi, dan dukungan orang tua berpengaruh terhadap hasil belajar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024