Journal of Education Research
Vol. 5 No. 2 (2024)

Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Menggunakan Teknik Role Playing dalam Mereduksi Perilaku Bullying pada Siswa

Mulia, Sandrina Shafa (Unknown)
Wibowo, Bangun Yoga (Unknown)
Conia, Putri Dian Dia (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jun 2024

Abstract

Perilaku bullying merupakan perilaku menyakiti orang lain secara berulang-ulang yang masih sering dilakukan oleh remaja. Padahal, di sisi lain ada banyak dampak negatif dari perilaku bullying baik jangka pendek ataupun jangka panjang. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok menggunakan teknik role playing dalam mereduksi perilaku bullying pada siswa. Metode penelitian menggunakan quasi eksperimen. Hasil mean skor pre-test kelompok eksperimen diperoleh sebesar 97,63 dan saat post-test menurun sebesar 70,13. Dari hasil uji paired sample t-test diperoleh bahwa mean penurunan kelompok eksperimen dengan perolehan sebesar 27,5 lebih besar dari mean penurunan kelompok kontrol yang hanya memperoleh sebesar 15,0. Pada uji hipotesis kelompok eksperimen menggunakan uji paired sample t-test diperoleh bahwa nilai Sig. (2-tailed) = 0.000 dimana nilai tersebut < 0.05. Jadi, hipotesis dalam penelitian ini Ha diterima. Artinya, pemberian layanan konseling kelompok menggunakan teknik role playing berpengaruh dalam mereduksi perilaku bullying siswa kelas VIII SMPN 10 Kota Serang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences

Description

Journal of Education Research is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of education. This Journal is published for time per year at March, June, September and December by Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD ...