Journal of Education Research
Vol. 5 No. 3 (2024)

The Constructive Career Counseling pada Pengguna Narkoba dalam Proses Rehabilitasi: Bimbingan Karir

Suharnadi, Putra (Unknown)
Afdal, Afdal (Unknown)
Hariko, Rezki (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2024

Abstract

Individu dengan gangguan penyalahgunaan zat (S-AD) juga merupakan manusia yang membutuhkan pengembangan diri dan karir di masa depan. Pengembangan karir individu dengan GPZ belum sepenuhnya dipertimbangkan dalam perencanaan program rehabilitasi narkoba, meskipun secara keseluruhan program rehabilitasi sudah sangat baik. Pengukuran kemampuan perencanaan karir perlu diukur dengan kondisi individu penderita GPZ. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kemampuan perencanaan karir individu GPZ yang menjalani rehabilitasi narkoba. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Data variabel kemampuan perencanaan karir dikumpulkan pada subjek penelitian pada individu dengan GPZ. Data kuantitatif dikumpulkan melalui kuesioner kemampuan perencanaan karir dengan 32 pertanyaan, Konselor harus mampu mengembangkan sepuluh keterampilan perencanaan karir tentang cara mempelajari informasi, diskusi karir dengan orang dewasa, pelatihan yang berkaitan dengan pendidikan, pengetahuan tentang kondisi kerja, diskusi tantangan karir, merencanakan pekerjaan setelah program rehabilitasi, mengatur waktu luang, mengembangkan rasa percaya diri. selama rehabilitasi, serta keadaan diri saat bekerja tanpa obat-obatan terlarang. Meskipun keterampilan perencanaan karir rendah, konselor kecanduan mempunyai peran dalam perkembangan mereka, dengan sepuluh kemampuan ditemukan melalui konseling karir. Konseling karir sebagai konselor kecanduan berupaya membantu individu dengan GPZ mengembangkan potensinya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences

Description

Journal of Education Research is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of education. This Journal is published for time per year at March, June, September and December by Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD ...