Didaktika: Jurnal Pemikiran Pendidikan
Vol 30 No 1 (2024): Volume 30 Nomor 1 Februari 2024

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik dengan Geogebra untuk Materi Teorema Pythagoras Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Gresik

Yafi Aldi Pranoto (Unknown)
Nur Fauziyah (Unknown)
Fatimatul Khikmiyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik dengan bantuan aplikasi Geogebra yang dapat meningkatkan pemahaman mata pelajaran secara keseluruhan dari hasil belajarnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Four-D yang dimodifikasi (Define, Design, Develop). Subyek penelitian ini adalah beberapa peserta didik kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Gresik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal pre test dan post test, wawancara pendidik, angket kebutuhan peserta didik, angket peserta didik pasca uji coba, dan lembar validasi ahli media dan materi. Hasil analisis data penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa LKS dengan kriteria 1) Sangat Valid baik dari validasi ahli materi dengan persentase 81,82% dan validasi ahli media dengan persentase 82,35%. 2) Layak dari angket peserta didik yaitu 70,37% jawaban memenuhi kebutuhannya. 3) Tuntas dari hasil pretest dan posttest seluruh peserta didik di kelas, dengan nilai rata-rata 90,83 dari pretest dan 93,75 dari posttest. Dengan demikian, pengembangan LKS dengan Geogebra dapat dijadikan sebagai pendamping pembelajaran untuk memperkuat pemahaman peserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

didaktika

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

didaktika Jurnal Pemikiran Pendidikan memuat hasil penelitian dibidang pendidikan, baik pendidikan matematika, pendidikan bahasa inggris maupun pendidikan ...