Journal of Education Research
Vol. 5 No. 3 (2024)

Model Assesment Literasi Membaca pada Siswa Sekolah Dasar Berbasis Pemodelan Rasch

Purnami, Desy Eka (Unknown)
Hartinah, Sitti (Unknown)
Susongko, Purwo (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2024

Abstract

Literasi membaca merupakan kemampuan yang harus dikuasai oleh peserta didik sehingga dapat mengevaluasi, menggunakan, memahami, dan merefleksi berbagai ragam teks bacaan tertulis. Kemampuan ini bila termiliki dapat berkontribusi secara produktif bagi pengembangannya. Literasi membaca mencakup kemampuan peserta didik dalam bernalar serta memiliki sudut pandang, mampu memahami isi teks bacaan dengan penuh, dan membiasakan diri untuk dapat merefleksi isi teks baik secara makna maupun pengalaman pribadi. Literasi membaca merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh lulusan dari jenjang sekolah dasar. Literasi membaca merupakan kemampuan siswa dalam mengaplikasikan tiga aspek kemampuan membaca yaitu menemukan informasi (locate information), memahami isi bacaan ( understand) dan  mengevaluasi serta merefleksi (evaluate and reflect) . Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dngan model Research and Development analyze, desain dan development).  Tekhnik pengumpulan data dengan tekhnik tes, dokumentasi dan angket. Populasi penelitian sejumlah 226, penetapan sampel menggunakan rumus Slovin sebesar 144. Teknik analisis data dengan nilai rapot pendidikan, kebutuhan peserta didik tentang literasi serta tujuan. Analisis dilakukan dengan pemodelan Rasch. Uji validitas instrumen (validitas isi, psikometri, eksternal dan konstruk ) uji validitas ini diolah menggunakan program Rasch 4.3.1 dan IBM SPSS Statistic 26. Hasil uji validitas dipoeroleh nilai outfit t antara -2.0 hingga 2.0 serta peluang penerimaan Ho (kecocokan model) lebih besar dari 0,01 (p>0,01). Sedang  uji unidimensi diperoleh KMO sebesar 0.697 ini berarti bahwa uji ini memiliki nilai eigenvalues yang lebih dominan, artinya butir tes literasi membaca yang disusun peneliti dapat diterima baik dilihat dari segi isi, psikometri, konstrak dan eksternal. Jadi dapat disimpulkan asesmen literasi membaca yang dibangun dengan pemodelan Rasch dapat diterima. Temuan penelitian ini disarankan guru dalam memberikan asesmen literasi membaca harus mempertimbangkan waktu, kondisi psikis siswa dan ketuntasan materi yang diberikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences

Description

Journal of Education Research is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of education. This Journal is published for time per year at March, June, September and December by Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD ...