Journal of Education Research
Vol. 5 No. 3 (2024)

Pengembangan Instrumen Penilaian Literasi Membaca dalam Pembelajaran Bahasa Jawa pada Peserta Didik SMP

Anggarsika, Prabingesti (Unknown)
Mulyono, Tri (Unknown)
Muljani, Sutji (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2024

Abstract

Kegiatan literasi membaca dalam pembelajaran Bahasa Jawa membutuhkan sebuah penilaian standar yang dapat mengukur kemampuan literasi membaca peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan akan instrumen penilaian literasi membaca dalam pembelajaran Bahasa Jawa SMP, mendeskripsikan desain pengembangan instrumen, serta memvalidasi instrumen. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian pengembangan (Research and Development). Prosedur pengembangan yang digunakan pada penelitian ini menggunakan tipe Formative Research Tessmer. Penelitian ini dilaksanakan di beberapa SMP di Kabupaten Tegal dengan sampel sebanyak 273 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen penilaian literasi membaca dalam pembelajaran Bahasa Jawa SMP dibutuhkan untuk menjadi sebuah tes standar dalam mengukur kemampuan literasi membaca peserta didik. Desain pengembangan melalui 4 tahapan yaitu preliminary, self evaluation, formative evalution (prototyping), dan field test. Instrumen penilaian tersebut sudah memenuhi validitas sehingga layak dipakai menjadi butir tes yang mengukur kemampuan literasi membaca yang mengacu capaian asesmen literasi membaca berdasarkan PISA. Saran dari penelitian ini adalah perlunya peningkatan kemampuan pengajar dalam menciptakan butir-butir tes yang mengacu pada capaian literasi peserta didik, serta untuk peneliti selanjutnya, dapat dilakukan penelitian pengembangan instrumen penilaian literasi lainnya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences

Description

Journal of Education Research is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of education. This Journal is published for time per year at March, June, September and December by Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD ...