Didaktika: Jurnal Pemikiran Pendidikan
Vol 30 No 1 (2024): Volume 30 Nomor 1 Februari 2024

Kemampuan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Soal Cerita Fungsi Ditinjau dari Perbedaan Kemampuan Matematis

Nur Fauziyah (Unknown)
Zazila Rohmatul Inaya (Unknown)
Slamet Asari (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah soal cerita pada materi fungsi komposisi dan fungsi invers. Menurut Polya terdapat beberapa langkah dalam menyelesaikan masalah yakni yaitu memahami masalah, perencanaan pemecahan masalah, melaksanakan perencanaan pemecahan masalah, dan melihat kembali kelengkapan pemecahan masalah. Subjek dalam penelitian ini yakni 3 siswa kelas XI-6 SMAN 1 Gresik yang diambil berdasarkan perbedaan kemampuan matematis yang telah diuji menggunakan tes diagnostik awal, kemudaian diwawancara hasil kerja mereka berdasarkan langkah-langkah Polya. Pengumpulan data adalah tes diagnostik, tes tulis dan wawancara. Teknink analisis data yakni deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian yaitu siswa dalam kategori kemampuan matematis tinggi dapat menyelesaikan soal dengan benar dan melalui tahapan dengan tepat sesuai dengan prosedur Polya; siswa dalam kategori sedang dapat menyelesaikan soal dengan benar, tetapi masih kurang tepat dalam mengikuti tahapan sesuai dengan prosedur Polya; dan siswa dalam kategori kemampuan matematis rendah masih kurang mampu menyelesaikan soal dengan benar dan sesuai dengan prosedur pemecahan masalah polya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

didaktika

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

didaktika Jurnal Pemikiran Pendidikan memuat hasil penelitian dibidang pendidikan, baik pendidikan matematika, pendidikan bahasa inggris maupun pendidikan ...