Masyarakat menyadari bahwa pendidikan sangat penting untuk masa mendatang. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk: (1) menganalisis pengaruh kualitas pelayanan pendidikan terhadap kepuasan pelanggan (2) menganalisis pengaruh kualitas pelayanan pendidikan terhadap loyalitas pelanggan. dan (3) menganalisis pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan. Pelanggan yang dimaksud adalah para orang tua/wali siswa SMP Negeri 1 Pangkah Kabupaten Tegal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif sebab dalam penelitian data-datanya berupa angka yang akan dianalisis dengan menggunakan statistik serta teknik analisis data berupa regresi linier sederhana. Adapun populası dalam penelitian ini adalah semua siswa SMP Negeri 1 Pangkah Kabupaten Tegal pada tahun ajaran 2023/2024 sebanyak 948 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah random sampling sebanyak 255 sampel. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder melalui pengumpulan angket dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kualitas pelayanan pendidikan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, hipotesis kedua, yaitu terdapat pengaruh yang signifikan kualitas pelayanan pendidikan terhadap loyalitas pelanggan. Selanjutnya hasil hipotesis terakhır yaitu terdapat pengaruh signifikan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan di SMP Negeri 1 Pangkah Kabupaten Tegal.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024