Journal of Education Research
Vol. 5 No. 3 (2024)

Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Kelas V SD

Ekasari, Wynne Inayah (Unknown)
Taufiqulloh, Taufiqulloh (Unknown)
Prihatin, Yoga (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2024

Abstract

Pendidikan karakter seseorang akan membatasi perbuatan baik dan buruk di lingkungan. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Inggris di kelas V, kendala dan solusi dalam pelaksanaan pendidikan karakter pada pembelajaran bahasa Inggris di kelas V, dan karakter siswa kelas V setelah implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan analisis deskriptif. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil pembahasan adalah (1) implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Inggris dilaksanakan melalui empat tahap kegiatan, yaitu pembukaan, kegiatan inti, tindak lanjut, dan penutup. (2) Kendala seperti keterbatasan waktu pengajaran serta karakter siswa yang berbeda, dengan solusi guru harus pendekatan kepada siswa. (3) Nampaknya karakter religius, jujur, mandiri, kreatif, peduli sosial, dan tanggung jawab. Kepala sekolah dengan guru, staf sekolah, siswa, dan juga orang tua bersatu dalam pembentukan karakter siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences

Description

Journal of Education Research is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of education. This Journal is published for time per year at March, June, September and December by Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD ...