Penelitian ini dilakukan di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Bangkinang Kabupaten Kampar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan fungsi keluarga pada anak tunagrahita selanjutnya untuk mengetahui hubungan fungsi keluarga terhadap prestasi anak tunagrahita di SLB Negeri Bangkinang. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif inferensial dengan sampel sebanyak 60 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sensus. Berdasarkan hasil penelitian bahwa dapat disimpulkan pelaksanaan fungsi keluarga terhadap anak tunagrahita berada pada kategori baik. Hal tersebut berdasarkan hasil temuan peneliti bahwa fungsi biologis, afeksi, sosialisasi dan pendidikan, ekonomi, perlindungan dan agama berada pada kategori baik. Berdasarkan hasil analisis uji korelasi product moment terdapat hubungan antara fungsi keluarga dengan prestasi anak tunagrahita, tingkat hubungan pada variabel ini adalah sangat tinggi. Penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan fungsi keluarga terhadap prestasi anak tunagrahita di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Bangkinang Kabupaten Kampar.
Copyrights © 2024