Perilaku inovatif guru merupakan upaya untuk merespon perubahan yang terjadi di masyarakat secara cepat dengan berusaha mengikuti perkembangan pengetahuan, dan teknologi baru yang menuntut kemampuan guru untuk memadukannya dalam metode pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) seberapa besar pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap perilaku inovatif guru, (2) seberapa besar pengaruh motivasi kerja terhadap perilaku inovatif guru, dan (3) Menganalisis dan mendeskripsikan seberapa besar pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap perilaku inovatif  guru di SMA Negeri 3 Slawi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif yang meneliti populasi ataupun sampel tertentu, menggunakan alat ukur (instrumen) penelitian dan analisis data kuantitatif/statistik untuk menguji dan membuktikan hipotesis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Metode survei adalah proses yang mengambil sampel dari populasi dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru yang mengajar di SMA Negeri 3 Slawi yang berjumlah 50 orang guru yang terdiri dari laki-laki sejumlah 22 orang dan perempuan sejumlah 28 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (nilai p (0.001) menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku inovatif guru, (2) Motivasi Kerja memperoleh nilai p (0.003) menunjukkan bahwa motivasi kerja guru memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku inovatif guru, (3) Kepemimpinan transformasional dan motivasi kerja guru memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku inovatif guru. Namun, motivasi kerja guru memiliki pengaruh yang lebih besar dibandingkan dengan kepemimpinan transformasional.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024