Journal of Education Research
Vol. 5 No. 3 (2024)

Eksplorasi Etnomatematika pada Busana Tari Pasombahan Kampar

Zulfah, Zulfah (Unknown)
Astuti, Astuti (Unknown)
Istiqomah, Nurul (Unknown)
Annisa, Salsa Fitri (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Aug 2024

Abstract

Matematika yang timbul dan berkembang dalam masyarakat dan sesuai dengan kebudayaan yang ada di sekitarnya, merupakan pusat proses pembelajaran dan metode pengajaran. pembelajaran matematika dengan etnomatematika yang memakai teknologi yang canggih atau modern sehingga tepat pada kurikulum saat ini, selain itu proses pembelajaran akan menjadi menarik dan akan lebih mudah juga untuk pendidik. Dengan begitu peserta didik akan lebih mudah memahami materi yang diajarkan oleh pendidik. Tujuan penelitian ini adalah mengeksplorasi konsep-konsep matematika yang terdapat pada busana Tari Pasombahan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan etnografi dan dengan menggunakan metode kajian pustaka dan eksplorasi. Metode kajian pustaka yaitu pengumpulan data dengan mengadakan studi penelaah terhadap buku-buku, literatur-literatur, catatan-catatan, dan laporan-laporan yang ada hubungannya dengan konsep matematika pada busana tari pasombahan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah triangulasi teknik, yaitu dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi pada narasumber yang sama. Berdasarkan konsep matematika yang ditemukan dalam Busana Tari Pasombahan terdapat bangun datar (Segitiga, persegi panjang dan lingkaran) dan bangun ruang (Balok, kubus, dan jajargenjang).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences

Description

Journal of Education Research is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of education. This Journal is published for time per year at March, June, September and December by Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD ...