Journal of Education Research
Vol. 5 No. 4 (2024)

Pengaruh Status Sosial Ekonomi, dan Bimbingan Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa

Firmansyah, Ababil (Unknown)
Neviyani, Neviyani (Unknown)
Prasetiyorini, Pudhak (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2024

Abstract

Pencapaian studi terdorong dari beberapa konsep, diantaranya pengaruh internal dan eksternal. Penelitian disini memiliki tujuan yaitu mengetahui dorongan sosio ekonomi serta bimbel dalam pencapaian studi murid pada siswa kelas XI Ekonomi dan Bisnis. di SMK As-Salafi Balung. Penelitian ini memakai konsep ex-post facto. Variabel yang diteliti adalah pencapaian studi Ekonomi Bisnis, status sosial, serta keberadaan Bimbel. Populasi terdiri dari 34 murid yang terdaftar di kelas XI SMK As-Salafi Balung tahun ajaran 2023/2024. Metode penyatuan data memakai survei serta pengambilan gambar. Metodologi memakai analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada relasi yang relevan dalam kedudukan sosial ekonomi pada keberhasilan studi pada disiplin ilmu Ekonomi Bisnis, dibuktikan sesuai nilai p-value sebesar 0,063 melebihi ambang batas 0,05. Bimbingan belajar memiliki dampak menguntungkan yang signifikan terhadap pencapaian pembelajaran Ekonomi Bisnis, terbukti dengan nilai p 0,000 berada dalam ambang batas 0,05. Studi ini menemukan bahwa posisi sosio-ekonomi dan bimbingan belajar mempunyai dampak menguntungkan yang signifikan terhadap capaian studi Ekonomi Bisnis. Hal ini didukung pada p-value  0,000 lebih rendah dari signifikansi 0,05. Value R2 0,238 menyatakan bahwa 23,8% variasi prestasi belajar pada disiplin Kewirausahaan disebabkan oleh kedudukan sosial ekonomi serta Bimbel. Namun penelitian disini tidak menganalisis faktor tambahan yang menyumbang 76,2% penjelasan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences

Description

Journal of Education Research is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of education. This Journal is published for time per year at March, June, September and December by Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD ...