Jurnal Applied Science in Civil Engineering
Vol 4 No 3 (2023): Jurnal Applied Science in Civil Engineering

EFEKTIVITAS PEMANFAATAN E-LEARNING PADA MATA KULIAH PRAKTIK PLUMBING DAN SANITASI DI ERA PANDEMI COVID-19

Permana, Harry (Unknown)
Mardizal, Jonni (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pemanfaatan E-learning pada mata kuliah plumbing dan sanitasi dimasa pelaksanaan pembelajaran daring yang diakibatkan oleh covid-19 pada angkatan 2020. Jenis penelitian ini yaitu penelitian Expost Facto menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini sebanyak 58 mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan angkatan 2020 yang telah melaksanakan mata kuliah Praktik Plumbing dan Sanitasi. Berdasarkan Hasil penelitian Efektivitas Pemanfaatan E-Learning pada Mata Kuliah Praktik Plumbing dan Sanitasi di Era Pandemi Covid-19 termasuk efektif dengan Total Derajat Pencapaian dari dua Indikator yang terdiri dari 9 Sub Indikator 81,68%. Hasil penelitian pada setiap indikator yaitu: mutu pengajaran dengan skor 84,05% dalam kategori Efektif. tingkat pengajaran yang tepat dengan skor 82,75% termasuk dalam kategroi Efektif. Sub indikator insentif dengan skor 78,66% termasuk dalam kategori cukup Efektif. Sub indikator yaitu waktu dengan skor 81,46% termasuk dalam kategroi Efektif. Pemanfaatan teknologi informasi dengan skor 82,65% termasuk dalam kategori Efektif. Sedangkan penggunaan digital media/ internet memperoleh skor 78,73% dengan kategori cukup Efektif. selanjutnya sub indikator materi pembelajaran yang dapat disimpan memperoleh skor 83,79% termasuk dalam kategori Efektif. Pendekatan pembelajaran mandiri memperoleh skor 78,59% dengan kategori cukup Efektif dan otomatis proses pembelajaran memperoleh skor 84,33% dengan kategori Efektif. Hal ini berarti tingkat Efektivitas pada proses pembelajaran mata kuliah Praktik Plumbing dan Sanitasi dinilai Efektif dengan menggunakan E-Learning.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ASCE

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education

Description

Jurnal Applied Science in Civil Engineering fokus mempublikasikan artikel pada bidang Pendidikan Teknik Bangunan dan Teknik Sipil. Ruang lingkup jurnal ini adalah 1. Pengembangan proses pembelajaran Teknik Bangunan dan Teknik Sipil 2. Studi kurikulum pendidikan Teknik Bangunan dan Teknik Sipil 3. ...