Abstrak : Penelitian ini berkaitan penerapan peralatan yang ada di Workshop Pekayuan tidak lepas dari perangkat pelaksanaan kurikulum merdeka. Dari hal ini belum diketahui relevansi kurikulum merdeka dengan peralatan yang digunakan dalam menyelesaikan produk pada praktek kerja kayu. tujuan penelitian ini untuk mengetahui relevansi kurikulum merdeka pendidikan teknik bangunan terhadap peralatan Workshop praktek kerja kayu departemen teknik sipil. Jenis penelitian ini akan dilaksanakan dengan menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Sampel untuk penelitian ini adalah 31 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menyebarkan pertanyaan penelitian sebagai link yang dihasilkan pada Google form, yang kemudian dibagikan melalui Whatsapp. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah verifikasi data dan analisis deskriptif dengan menggunakan Microsoft Office Excel dan SPSS versi 17.0. Hasil penelitian pada masing-masing subindeks soft skill dan pengembangan kepribadian mencapai 83,39 pada tingkat tinggi. Sub indikator fokus pada materi ensensial memperoleh skor 88,30% termasuk dalam kategori tinggi. sub indikator pembelajaran yang fleksibel memperoleh skor 75,80% dengan kategori cukup tinggi. Sub indikator alat peralatan utama memperoleh skor yang 85,88% termasuk dalam kategori tinggi. Sub indikator kelengkapan standar dengan skor 84,03% termasuk dalam kategori tinggi. Sedangkan sub indikator kelengkapan tambahan memperoleh skor 81,45% termasuk dalam kategori tinggi.
Copyrights © 2023