Jurnal Applied Science in Civil Engineering
Vol 4 No 4 (2023): Jurnal Applied Science in Civil Engineering

HUBUNGAN METODE MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DDK KELAS X DPIB DI SMK NEGERI 1 LINTAU BUO

Sari, Mila (Unknown)
Gusmareta, Yuwalitas (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Dec 2023

Abstract

Permasalahan pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Kejuruan (DDK) di SMK Negeri 1 Lintau Buo adalah penggunaan metode mengajar guru yang masih kurang menarik atau tidak bervariasi, hal itu ditunjukan dengan kurangnya aktivitas dan perhatian guru pada saat proses pembelajaran, menyebabkan siswa yang tidak masuk pada saat pembelajaran, dan banyaknya siswa tidak mengertii dengan materi yang disampaikann, dan berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Tujuann penelitian ini adalah untuk mengetahuii hubungan metode mengajar guru dengsn hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran DDK Kelas X DPIB SMK Negeri 1 Lintau Buo. Teknik teknik sampel jenuh digunakan dalam penelitian ini, yaitu seluruh siswa kelas X DPIB dengan jumlah 37 siswa. Penelitian ini menggunakannmetode penelitian kuntitatif deskriptif. Dalam peneliitian ini terdapat dua variabellyaitu variabel bebas (X) metode mengajar guru dan variabel terikat (Y) hasil belajar siswa. Data penelitian dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner berupa pertanyaan. Hasil pengujian hipotesis dengan hasil korelasi antara variabel X dan variabel Y memilikii hubungann tidak signifikan dengan memperoleh skor koefisien korelasi rr hitung < r tabel, maka menunjukan bahwa tidak terdapat korelasi antar variabel.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ASCE

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education

Description

Jurnal Applied Science in Civil Engineering fokus mempublikasikan artikel pada bidang Pendidikan Teknik Bangunan dan Teknik Sipil. Ruang lingkup jurnal ini adalah 1. Pengembangan proses pembelajaran Teknik Bangunan dan Teknik Sipil 2. Studi kurikulum pendidikan Teknik Bangunan dan Teknik Sipil 3. ...