Journal of Education Research
Vol. 5 No. 4 (2024)

Perbedaan Kecerdasan Emosional Antara Siswa yang Mengikuti Ekstrakurikuler Pramuka dan Siswa yang Tidak Mengikuti Ekstrakurikuler Pramuka di MAN 3 Jakarta

Hidayatisalam, Putri Dewi (Unknown)
Muryono, Sigit (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Oct 2024

Abstract

Kematangan emosi merupakan faktor penting dalam pertumbuhan siswa yang mungkin terkena dampak negatif dari partisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler seperti Pramuka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan reaksi emosional antara siswa Pramuka dan siswa non Pramuka di MAN 3 Jakarta. Metode statistik yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kuantitatif yang melibatkan analisis komparatif dan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Temuan penelitian menunjukkan bahwa siswa yang tergabung dalam Pramuka mempunyai kecerdasan emosional yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak tergabung dalam anggota Pramuka, dengan perbedaan kemampuan mengidentifikasi dan mengekspresikan emosi yang signifikan. Semuanya disini menunjukkan bahwa partisipasi dalam komunitas Pramuka dapat meningkatkan kecerdasan emosional siswa melalui interaksi sosial dan kegiatan pengembangan diri.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences

Description

Journal of Education Research is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of education. This Journal is published for time per year at March, June, September and December by Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD ...