Jurnal Applied Science in Civil Engineering
Vol 4 No 4 (2023): Jurnal Applied Science in Civil Engineering

PENERAPAN METODE PEER TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN ESTIMASI BIAYA KONSTRUKSI DI SMKN 5 PADANG

Fiatno, Rangga (Unknown)
Yandra, Muvi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2023

Abstract

Rendahnya prestasi belajar yang diperoleh siswa selama proses pembelajaran Estimasi Biaya Konstruksi dan kurangnya efektivitas metode pembelajaran yang digunakan dapat diatasi dengan menerapkan metode Peer Teaching. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi peningkatan hasil belajar siswa setelah menerapkan metode Peer Teaching dalam pembelajaran mata pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan terdiri dari dua siklus, di mana setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 5 Padang, dengan melibatkan 30 siswa kelas XI DPIB sebagai sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus pertama, nilai rata-rata tes awal (pre-test) adalah 65,2 dengan tingkat ketuntasan sebesar 33,33%, sedangkan pada tes akhir siklus (post-test), nilai rata-rata adalah 74,8 dengan tingkat ketuntasan sebesar 63,33%. Peningkatan hasil belajar siswa dari pre-test ke post-test pada siklus pertama adalah sebesar 14,7%, meskipun kriteria peningkatan belum tercapai. Pada siklus kedua, hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Nilai rata-rata tes awal (pre-test) pada siklus kedua adalah 79 dengan tingkat ketuntasan sebesar 73,33%, sedangkan pada tes akhir siklus kedua (post-test), nilai rata-rata adalah 86,13 dengan tingkat ketuntasan sebesar 96,67%. Peningkatan hasil belajar siswa dari pre-test ke post-test pada siklus kedua adalah sebesar 9,02%, dan kriteria peningkatan berhasil tercapai.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ASCE

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education

Description

Jurnal Applied Science in Civil Engineering fokus mempublikasikan artikel pada bidang Pendidikan Teknik Bangunan dan Teknik Sipil. Ruang lingkup jurnal ini adalah 1. Pengembangan proses pembelajaran Teknik Bangunan dan Teknik Sipil 2. Studi kurikulum pendidikan Teknik Bangunan dan Teknik Sipil 3. ...