Jurnal Applied Science in Civil Engineering
Vol 5 No 1 (2024): Jurnal Applied Science in Civil Engineering

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWTOON PADA ELEMEN PERHITUNGAN STATIKA BANGUNAN KELAS X DI SMK NEGERI 1 PADANG

Ahsani, Purnama (Unknown)
Yusmar, Fajri (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Feb 2024

Abstract

Salah satu kendala yang seringkali dihadapi oleh siswa SMK Negeri 1 Padang dalam memahami pelajaran Elemen Perhitungan Statika Bangunan, khususnya materi reaksi tumpuan adalah terbatasnya media pembelajaran yang interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran yang berbasis powtoon, untuk materi reaksi tumpuan dalam menunjang proses pembelajaran Elemen Perhitungan Statika Bangunan di SMK Negeri 1 Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development. Instrumen evaluasi melibatkan angket penilaian dari ahli media, ahli materi, dan siswa. Evaluasi produk media pembelajaran animasi powtoon oleh ahli media memiliki validator sebanyak 3 orang ahli dan mencapai nilai 88,89% dengan kriteria sangat valid, melibatkan aspek media, materi, dan audio. Sementara itu, ahli materi juga memiliki validator sebanyak 3 orang ahli dan memberikan penilaian sebesar 86,49% dengan kriteria sangat valid, melibatkan aspek isi dan materi, manfaat, dan bahasa. Hasil penilaian dari 66 siswa menunjukkan nilai rata-rata sebesar 91,52%, dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan evaluasi ini, media pembelajaran yang dihasilkan dianggap layak dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran Elemen Perhitungan Statika Bangunan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ASCE

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education

Description

Jurnal Applied Science in Civil Engineering fokus mempublikasikan artikel pada bidang Pendidikan Teknik Bangunan dan Teknik Sipil. Ruang lingkup jurnal ini adalah 1. Pengembangan proses pembelajaran Teknik Bangunan dan Teknik Sipil 2. Studi kurikulum pendidikan Teknik Bangunan dan Teknik Sipil 3. ...