Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar lari jarak pendek pada siswa kelas VA SDN Putat Gede I/94 Surabaya tahun ajaran 2022/2023 dengan menggunakan pendekatan permainan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research/ACR) yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi pada setiap siklusnya. Penelitian ini diselesaikan selama dua periode. Dalam penelitian ini, siswa kelas VA SDN Putat Gede I/94 Surabaya tahun ajaran 2022/2023 yang diikuti sebanyak 32 siswa. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi dan tes tulis, serta tes keterampilan lari jarak pendek. Data adalah produk dari pembelajaran keterampilan, sikap, dan pengetahuan baru. Dalam penelitian ini digunakan analisis deskriptif dengan pendekatan persentase untuk menemukan pola dalam kegiatan belajar. Berdasarkan temuan penelitian, dapat disimpulkan bahwa: Penerapan pendekatan permainan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VA SDN Putat Gede I/94 Surabaya tahun ajaran 2022/2023.
Copyrights © 2024