Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis sistematik terhadap pandangan Imam Al-Ghazali terhadap pendidikan moral bagi anak usia dini, dengan tujuan untuk memahami konsep-konsep kunci yang ditekankan oleh Al-Ghazali dalam konteks pendidikan moral anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah systematic literature review. Penelitian ini melibatkan pencarian, seleksi, dan analisis kritis terhadap sumber-sumber primer dan sekunder yang relevan yang mengulas pandangan Al-Ghazali tentang pendidikan moral anak usia dini. Berdasarkan hasil penelitian, pandangan Imam Al-Ghazali tentang pendidikan moral bagi anak usia dini dapat dirangkum dalam beberapa konsep kunci. Pertama, Al-Ghazali menekankan pentingnya pembentukan akhlak yang baik sejak usia dini sebagai bagian dari pendekatan holistik dalam pendidikan. Kedua, ia menggarisbawahi peran orang tua dan guru dalam memberikan contoh teladan yang baik dan mendidik anak-anak tentang nilai-nilai moral. Kesimpulannya bahwa pandangan Imam Al-Ghazali terhadap pendidikan moral bagi anak usia dini menawarkan landasan teoritis yang kuat untuk pendidikan moral dalam Islam. Konsep-konsep seperti pembentukan akhlak, peran orang tua dan guru, hubungan antara niat dan tindakan moral, serta dasar-dasar agama, semuanya relevan dalam pendidikan anak usia dini. Pemahaman yang lebih mendalam tentang pandangan Al-Ghazali dapat menjadi pedoman berharga bagi pendidik dan peneliti dalam upaya memperkuat pendidikan moral anak-anak dalam masyarakat Muslim.
Copyrights © 2023