Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan
Vol 8 No 1 (2024): Volume 8 Nomor 1 Edisi Juni 2024

EKSISTENSI IDENTITAS MANUSIA INDONESIA MELALUI AKTUALISASI PENGUATAN KEBHINNEKATUNGGALIKAAN DI SMAN 1 PALANGKA RAYA

Aulia, Maryam (Unknown)
Iqbal, Muhammad (Unknown)
Misnawati, Misnawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jun 2024

Abstract

Kekayaan akan keberagaman yang dimiliki Indonesia menjadi identitas nasional yang merupakan jati diri bangsa sebagai masyarakat multikultural dengan pedoman hidup yang tertuang dalam Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika. Keberagaman ini juga terjadi di lingkungan sekolah sehingga peran sekolah penting dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila dan Kebhinnekatunggalikaan kepada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran sekolah dalam penanaman nilai-nilai Pancasila dan Kebhinnekatunggalikaan di SMAN 1 Palangka Raya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi dan dokumentasi serta dianalisis dengan mereduksi data, penyajian hasil dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah peran sekolah sudah berusaha maksimal untuk menanamkan nilai kebhinnekatunggalikaan dan nilai-nilai Pancasila kepada peserta didik melalui tanda dan simbol penghayatan serta penghargaan nilai kebhinnekatunggalikaan. Kebijakan sekolah dalam menerapkan kurikulum merdeka membantu peserta didik melatih dan mengembangkan karakter profil pelajar Pancasila. Penerapan nilai Pancasila juga terlihat disetiap proses pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

kewarganegaraan

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan berisikan tentang hasil penelitian pada bidang ke-PKN-an meliputi kajian tentang pendidikan, politik, HAM, startegi dan metode pembelajaran ...