Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teaching skills, kompetensi profesional dan efikasi diri terhadap keberhasilan PLP mahasiswa program studi pendidikan akuntansi Universitas Negeri Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex-post facto dengan subyek penelitian yaitu mahasiswa program studi pendidikan akuntansi angakatan 2019 Universitas Negeri Surabaya yang berjumlah 56 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh dan teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan software SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) teaching skills, kompetensi profesional dan efikasi diri secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keberhasilan PLP mahasiswa; (2) teaching skills berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan PLP mahasiswa; (3) kompetensi profesional berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan PLP mahasiswa; (4) efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan PLP mahasiswa. Adapun nilai adjusted R square dalam penelitian ini sebesar 0,684 yang berarti bahwa besarnya kontribusi pengaruh teaching skills, kompetensi profesional dan efikasi diri terhadap keberhasilan PLP mahasiswa sebesar 68,4% sedangkan sisanya sebesar 31,6% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian
Copyrights © 2023