Jurnal Literasiologi
Vol 10 No 1 (2023): Jurnal Literasiologi

PEMIKIRAN MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS TENTANG PENDIDIKAN ISLAM MENGHADAPI ERA GLOBALISASI

Sari, Novita Diana (Unknown)
Mustajadah, Nafaisul (Unknown)
Damayanti, Wiwik (Unknown)
Amrullah, Amrullah (Unknown)
Nelson, Nelson (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Dec 2023

Abstract

Globalisasi, yang merupakan konsekuensi dari munculnya teknologi, memungkinkan orang untuk mengakses berbagai jenis informasi dan menjadi alat yang dapat digunakan para ilmuwan. Akibatnya, peradaban Islam dapat runtuh dalam berbagai bidang, termasuk bidang pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menggali bagaimana konsep Pendidikan menurut Muhammad Naquib Al-A as. Studi penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi Pustaka, hasil kajian menunjukkan bahwa menurut al- A as, setidaknya terdapat dua makna Islamisasi yaitu Islamisasi pikiran dari pengaruh ekternal dan kedua Islamisasi pikiran dari dorongan internal. Yang pertama adalah pembebasan pikiran dari pengaruh magis (magic), mitologis (mythology), animisme (animism), tradisi budaya nasional (national culture tradition), dan paham sekuler (sekularisme). Yang kedua adalah pembebasan jiwa manusia dari menjadi tunduk pada kebutuhan fisik yang cenderung menzalimi dirinya sendiri.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

literasiologi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Mempublikasikan hasil diskusi literasi, penelitian literasi tentang ke-Indonesian; pendidikan, sosial dan budaya yang ada di Indonesia, atau pendidikan, sosial budaya Indonesia yang ada di dunia Internasional, suatu hal yang sangat menarik untuk memperkenalkan Indonesia ke seluruh dunia, dengan ...