Di era society 5.0 ini, media digital dianggap sebagai hasil evolusi teknologi informasi dan komunikasi yang berdampak secara signifikan pada berbagai aspek kehidupan masyarakat. Salah satunya berpengaruh pada aspek pendidikan khususnya pada pembelajaran bahasa Indonesia dan pembentukan karakter peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pemanfaatan digitalisasi sebagai penguatan pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Indonesia di era society 5.0. Jenis penelitian yang digunakan yakni kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan didukung dengan studi pustaka. Sumber data dalam penelitian ini yakni peneliti bertindak sebagai instrumen kunci dan data penelitian ini berwujud hasil observasi dan studi pustaka. Teknik pengumpulan data melalui penelusuran terhadap sumber-sumber pustaka seperti buku, jurnal, catatan, dan laporan yang relevan dengan topik atau isu yang sedang dibahas. Teknik analisis data penelitian ini melalui pengelompokan data, penyajian, verifikasi, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini yakni penguatan karakter dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan memanfaatkan digitalisasi melalui aplikasi, platform pembelajaran, dan website pembelajaran. Digitalisasi melalui website pembelajaran Bahasa Indonesia yakni memiliki dua sistematika. Pertama, website pembelajaran peserta didik ini memiliki tujuh fitur: (1) home; (2) lesson; (3) training; (4) task; (5) report, (6) edit profile; dan (7) panduan. Kedua, website pembelajaran peserta didik memiliki enam fitur yaitu: (1) beranda; (2) halaman; (3) kuis; (4) media; (5) pengaturan; dan (6) pengguna. Website ini bisa digunakan untuk melakukan penilaian yang mengukur perkembangan karakter peserta didik, seperti kemampuan mereka untuk mendengarkan dengan empati atau berkomunikasi dengan kejujuran melalui kuis-kuis.
Copyrights © 2023